Selasa, 27 April 2010

Etika Profesi Di Bidang Teknologi Sistem Informasi

Dalam era kini, informasi dipandang sebagai aset atau sumber yang setara dengan sumber-sumber lain dan juga mempunyai kekhususan persoalan dan pengelolaannya, sehingga diperlukan suatu manajemen khusus yaitu sistem manajemen informasi dengan pengelolanya yang khusus yaitu manajer informasi atau Chief Information Officer (CIO). Sebagai manajer jelas harus mengetahui etika manajemen. Aspek keuangan merupakan suatu aspek yang yang sangat sensitif, demikian juga dengan aspek informasi. Dengan demikian hak dan tanggung jawab manajer mengisyaratkan bahwa syarat manajer harus “beretika (bermoral) tinggi dan kuat”.

Sebagai seorang yang profesional, kita mempunyai tanggung jawab untuk mempromosikan etika penggunaan teknologi informasi di tempat kerja. Kita mempunyai tanggung jawab manajerial. Kita harus menerima tanggung jawab secara etis seiring dengan aktivitas pekerjaan. Hal itu termasuk melaksanakan peran kita dengan baik sebagai suatu sumber daya manusia yang penting di dalam sistem bisnis dalam organisasi. Sebagai seorang manajer atau pebisnis profesional, akan jadi tanggung jawab kita untuk membuat keputusan-keputusan tentang aktivitas bisnis dan penggunaan teknologi informasi, yang mungkin mempunyai suatu dimensi etis yang harus dipertimbangkan.

Merupakan hal yang penting untuk mengetahui bahwa hal yang tidak etis belum tentu ilegal. Jadi, dalam kebanyakan situasi, seseorang atau organisasi yang dihadapkan pada keputusan etika tidak mempertimbangkan apakah melanggar hukum atau tidak.

Banyaknya aplikasi dan peningkatan penggunaan Teknologi Informasi telah menimbulkan berbagai isu etika, yang dapat dikategorikan dalam empat jenis:

1. Isu privasi: rahasia pribadi yang sering disalahgunakan orang lain dengan memonitor e-mail, memeriksa komputer orang lain, memonitor perilaku kerja (kamera tersembunyi). Pengumpulan, penyimpanan, dan penyebaran informasi mengenai berbagai individu/pelanggan dan menjualnya kepada pihak lain untuk tujuan komersial. Privasi informasi adalah hak untuk menentukan kapan, dan sejauh mana informasi mengenai diri sendiri dapat dikomunikasikan kepada pihak lain. Hak ini berlaku untuk individu, kelompok, dan institusi.

2. Isu akurasi: autentikasi, kebenaran, dan akurasi informasi yang dikumpulkan serta diproses. Siapa yang bertanggung jawab atas berbagai kesalahan dalam informasi dan kompensasi apa yang seharusnya diberikan kepada pihak yang dirugikan?

3. Isu properti: kepemilikan dan nilai informasi (hak cipta intelektual). Hak cipta intelektual yang paling umum berkaitan dengan TI adalah perangkat lunak. Penggandaan/pembajakan perangkat lunak adalah pelanggaran hak cipta dan merupakan masalah besar bagi para vendor, termasuk juga karya intelektual lainnya seperti musik dan film.

4. Isu aksesibilitas: hak untuk mengakses infomasi dan pembayaran biaya untuk mengaksesnya. Hal ini juga menyangkut masalah keamanan sistem dan informasi.



Salah satu alasan sulitnya menegakkan etika di dunia TI adalah karena relatif barunya bidang ini. Tak seperti dunia kedokteran yang usianya sudah ratusan abad, bidang TI adalah profesi baru. Walaupun ada juga yang melanggar, dalam dunia kedokteran, etika profesi sangat dijunjung tinggi. Ini jauh berbeda dengan dunia TI, di mana orang sangat mudah melanggar etika. Orang masih meraba-raba batasan antara inovasi, kreatifitas, dan pelanggaran etika. Apalagi dunia ini hampir sepenuhnya digeluti oleh anak-anak muda yang kerap mengabaikan persoalan moralitas yang abu-abu.

Sumber : http://marianasetiawati.blogspot.com/2010/02/pengenalan-etika-dan-profesionalisme.html

Minggu, 25 April 2010

Profesi dan Jenis-jenis Profesi TI

Apa itu TI (Teknologi Informasi)?

TI adalah Rekayasa ilmu dalam pengolahan data menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya.

Sementara Profesi TI adalah orang yang melakukan kegiatan-kegiatan TI tersebut.

Berikut merupakan jenis-jenis profesi TI.

1. Database Administrator

* Mengelola basis data pada suatu organisasi.
o Kebijakan tentang data.
o Ketersediaan dan integritas data.
o Standar kualitas data.
* Ruang lingkup meliputi seluruh organisasi/ perusahaan.


2. Grafik Designer

* Membuat desain grafis, baik itu web maupun animasi.
* Perlu menguasai web design dan aplikasi berbasis web.


3. Konsultan IT

* Menganalisa hal-hal yang berhubungan dengan TI.
* Memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi.
* Penguasaan masalah menjadi sangat penting.


4. Network Specialist

* Kemampuan :
o Merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer.
o Mengelola jaringan komputer.
* Tugas :
o Mengontrol kegiatan pengolahan data jaringan.
o Memastikan apakah sistem jaringan komputer berjalan dengan semestinya.
o Memastikan bahwa tingkat keamanan data sudah memenuhi syarat.


5. Operator

* Menangani operasi sistem komputer.
* Tugas-tugas, antara lain :
o Menghidupkan dan mematikan mesin.
o Melakukan pemeliharaan sistem komputer.
o Memasukkan data.
* Tugas biasanya bersifat reguler dan baku.


6. Peneliti

* Menemukan hal – hal baru di bidang TI.
* Teori, konsep, atau aplikasi.


7. Project Manager

* Mengelola proyek pengembangan software.
* Tugas: meyakinkan agar pengembangan software.
o Dapat berjalan dengan lancar.
o Menghasilkan produk seperti yang diharapkan.
o Menggunakan dana dan sumber daya lain seperti yang telah dialokasikan.


8. Programer

* Kemampuan :
o Membuat program berdasarkan permintaan.
o Menguji dan memperbaiki program.
o Mengubah program agar sesuai dengan sistem.
* Penguasaan bahasa pemrograman sangat ditekankan.


9. Sistem Analis and Designer

* Melakukan analisis terhadap sebuah sistem dan mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, dan problem yang ada.
* Membuat desain sistem berdasarkan analisis yang telah dibuat.
* Keahlian yang diperlukan :
o Memahami permasalahan secara cepat dan akurat.
o Berkomunikasi dengan pihak lain.


10. Teknisi Komputer

* Memiliki kemampuan yang spesifik, baik dalam bidang hardware maupun software.
* Mampu menangani problem-problem yang bersifat spesifik.


11. Trainer

Melatih ketrampilan dalam bekerja dengan komputer.