Sabtu, 28 November 2009

Seandainya Saya Adalah Menkominfo

Seandainya saya adalah Menkominfo periode 2009-2014, saya akan mengusahakan penyebaran pemakaian teknologi telematika sampai ke Indonesia Bagian Timur, mungkin harus terlebih dahulu pasokan listrik yang menjangkau wilayah tersebut. Karena kalau masyarakat kecil seperti petani misalnya dapat memanfaatkan teknologi telematika, maka banyak informasi pengetahuan dari luar seperti cara bercocok tanam yang benar untuk tanaman X misalnya, cara mengobati tanaman yang terserang hama, jenis insektisida yang ramah lingkungan, dan lain-lainnya, yang berdampak pada makin besar penghasilan petani karena panen meningkat, kita yang mengkonsumsi beras pun aman dari zat kimia berbahaya, serta dampak baik untuk kelestarian alam karena menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Walaupun ada keterbatasan dari masyarakat kecil dalam bersosialisasi dengan kemajuan teknologi, tapi pemerintah dapat memberikan penyuluhan dalam pemakaian teknologi tersebut. Untuk kendala dalam keterbatasan masyarakat kecil karena mereka buta huruf, mereka dapat memanfaatkan teknologi video, jadi tinggal mendengar dan melihat saja.
Kebijakan pengembangan telematika yang sifatnya formal "top-down" direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika. Dalam bidang yang sama, khususnya terkait dengan pengaturan dan pelaksanaan mengenai nernagai bidang usaha yang bergerak di sector telematika, diatur oleh Direktorat Jendral Aplikasi Telematika (Dirjen Aptel) yang kedudukannya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.
Penyebaran teknologi telematika sampai ke Indonesia Bagian Timur mungkin sangat lama pelaksaannya tetapi dampak yang diberikan sangat besar. Selama perkembangan telematika di Indonesia sekitar tiga dasawarsa belakangan ini, membawa implikasi diberbagai bidang. Kemudahan yang disuguhkan telematika akan meningkatkan kinerja usaha, menghemat biaya, dan memperbaiki kualitas produk. Masyarakat juga mendapat manfaat ekonomis dan peningkatan kualitas hidup.
Seperti apa wujud Indonesia di masa depan yang terkait dengan telematika, bergantung pada kenyataan sekarang. Selanjutnya masa sekarang ini, dibangun oleh hasil dari perjalanan masa lalu.

Sumber : Artikel E-Majalah.Com, ditulis oleh Sucipto Ardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar